Sabtu, 22 Januari 2011

Mengenal, Menambah Tempat (Add Place) di Koprol

Koprol? Apa itu koprol? Sebagian kita, tentu sudah tidak asing lagi. Ya., koprol adalah jejaring sosial berbasis lokasi. Apa sih maksudnya? Kalau kita sudah mengenal facebook, maka di koprol pun kita bisa menulis status, membuat komentar, upload foto, dll. Bedanya, di koprol kita harus berada di suatu tempat, Cek In istilahnya. Cek in di mana? Ya di suatu tempat, dimana pun. Kalau di tempat/ sekitar kita ada publik place yang sudah dibuatkan tempat di koprol, maka kita bisa cek in di sana.
Terus, gimana klo tempat kita berada blm ada di koprol? Kalau tempatnya merupakan publik place, atau tempat umum maka kita pun bisa menambahkan tempat tersebut untuk disetujui para kurator. Klo tempat pribadi, seperti kamar tidur rumahku misalnya, tidak boleh, dan tidak akan disetujui kurator. Setelah aktif beberapa lama di koprol, maka andapun bisa menambahkan place. Suggest place, istilahnya. Tulis nama tempat umumnya, tentukan alamat, no telepon, dll, dan juga tentukan petanya. Jika sudah, tinggal klik untuk suggest place. Setelah itu, tunggu dan berdoa, semoga tempat yang Anda usukan bisa segera disetujui oleh beberapa kurator. Bisa seminggu, 2 minggu atau lebih. Jika tempat yang Anda usulkan nanti disetujui oleh para kurator, maka akan ada pemberitahuan kepada Anda untuk menyetujui tempat tsb. Kenapa minta persetujuan lagi? Karena bisa saja ada perubahan yg diusulkan kurator, misalnya ketepatan lokasi peta. Jika Anda sudah setuju, maka tempat tersebut bisa langsung diterbitkan menjadi sebuah tempat di koprol. Selamat.........ya........!!! Nama Anda akan tercantum sebagai orang yg membuat tempat tersebut, bagi setiap orang yang masuk / cek in tentunya melihat Anda dan foto Anda ! Bisa narsis ria.......!!

Terus bagaimana dengan "teman" seperti di facebok? Ada, Anda bisa menambah teman, mengikuti (follow), seperti di twitter dan Fb? Ya, klo anda sudah familiar dengan keduanya, maka lebih mudah lagi. Anda juga bisa mengikuti akun resmi bbrp produk sebagai salah satu sarana promosi resmi mereka di koprol.

Pengin jadi Kurator? Mudah saja, setelah anda aktif di koprol, dan berhasil menambah beberapa tempat, maka biasanya anda akan bisa menjadi kurator. Cirinya, Anda diminta mrmverifikasi tempat tempat yang sudah diusulkan oleh orang lain. Jika daftar itu sudah ada, Anda berarti sudah menjadi kurator. Jangan lupa, ada semacam kode etik bagaimana menjadi kurator. Silakan buka koprolnya ya.....!!

*) Tulisan ini hanyalah pengalaman pribadi mengenal koprol. Bagi yg udah mampir, tambahkan saya sbg teman ya, nurrahmatk
Kritik dan saran, pesan dak komennya, ditunggu ya......!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar